Minggu, 13 November 2016

Air Terjun Talang Kemulun desa Talang Kemulun Kabupaten Kerinci




Sebenarnya tempat wisata air terjun yang aku kunjungi kali ini sudah cukup booming dikalangan sosial media dan masyarakat Kerinci, hanya saja aku baru memiliki kesempatan dan waktu luang hari ini untuk berkunjung langsung menikmati keindahan air terjun ini.
Mungkin sudah ada yang pernah membaca postingan ku 21 November 2015 yang lalu, pada postingan itu aku menceritakan bagaimana perjalanan ku menuju air terjun Sarasah Sikayan Balumuik di kota Padang. Dan dari pengalaman ku itu pula aku sedikit terbantu. Untuk pakaian masih tetap sama, gunakanlah pakaian yang ringan ya seperti baju kaos, traning, atau celana yang berbahan katun. Sedangkan alas kaki untuk kali ini aku menggunakan sepatu ket atau sepatu olehraga karena sempat trauma menggunakan alas kaki lain takut-takut kaki ku kembali cidera seperti yang pernah aku alami sebelumnya. Tapi kalian juga harus pakai kaos kaki jika memakai sepatu agar kulit kaki tidak terkelupas.
Untuk lokasi. Air terjun talang kemulun ini terletak di desa Talang Kemulun, Kab. Kerinci. Tak jauh dari Danau Kerinci. Sesampai di desa Talang Kemulun. Disana sudah terdapat satu rumah warga yang memang sepertinya dijadikan tempat untuk memarkirkan kendaraan. Karena aku dan teman-teman menggunakan sepeda motor maka kami hanya membayar Rp 5000 untuk parkirnya.
Untuk kalian yang perdana mengunjungi air terjun ini ada baiknya datang pada pagi hari sekitar pukul 08.00, selain cuaca belum terlalu terik, kalian juga bisa sampai dilokasi tidak terlalu siang. Karena mengingat jarak yang harus ditempuh dari tempat pemarkiran motor menuju lokasi akan menghabiskan 2 jam berjalan kaki. Kenapa harus jalan kaki? Sejauh ini akses jalan masih minim sehingga tidak memungkinkan membawa motor kelokasi, dan jalan yang harus ditempuhpun cukup ekstrim.

Tapi saat kunjungan ku hari ini, aku melihat mobil yang sedang melebarkan jalan dan ada kemungkinan beberapa bulan kedepan jalanan menuju lokasi akan sedikit lebih bagus dari yang aku tempuh hari ini. Tapi tetap stamina yang baik, mental yang kuat dan kerja sama team sangat diperlukan. Jangan lupa juga seperti intruksi ku sebelum-belumnya. Air mineral adalah hal wajib yang harus kalian bawa, berjaga-jaga agar tidak dehidrasi selama perjalanan. Namun walaupun demikian tetap saja aku masih teledor karena membawa persedianan air mineral secukupnya, alhasil sesampai dilokasi mengharuskan aku dan teman-teman untuk meminum air dari sumber mata air yaitu air terjun itu sendiri. Dan syukurnya tidak ada yang sakit perut setelah meminum air terjun ini (haha). 
Pijakan adalah salah satu keseimbangan yang perlu kalian jaga, untuk itu sangat diharapkan agar kalian bisa sangat berhati-hati saat melangkah, salah-salah justru akan mengakibatkan cidera karena rute yang ditembuh cukup menguji adrenali. Tapi perjalanan yang lumayan lama dan cukup melelahkan ini tentu tidak akan sia-sia karena sesampai dilokasi semua terasa terbayar lunas oleh indahnya ciptaan tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar