Senin, 11 April 2011

Cerpen "1" : Makna Dari Sebuah Tanggal 22 Februari


­­       “  MAKNA DARI SEBUAH TANGGAL,, 22 FEBRUARI”
    By: Indah Pertiwi                            Xa, SMAN2 S.Penuh




Ketika itu Rycha masih berada di bangku Sekolah Menengah Pertama. Tepatnya pada pertengahan semester genap kelas 9.. masa–masa yang labil untuk mengendalikan emosi, perasaan , dan tingkah laku.. masa remaja yang bisa di bilang pada tingkatan awal.
SMA Swasta yang berada tak jauh dari SMP nya itu. Ternyata selalu menjadi perhatiannya selama beberapa bulan ini. Entah mengapa? Bukan karena ia berminat memasuki SMA tsb selulus nya SMP nanti ,, tapi karena seorang pria yang pernah di kenal nya beberapa bulan yang lalu bersekolah di SMA tsb. Namun telah 2 bulan perkenalan itu Rycha tak lagi mendengar kabar dari  pria itu.Apa yang sebenarnya terjadi? Apa kah dia masih bersekolah di SMA itu atau jangan-jangan telah pindah. itu lah yang menjadi pertanyaan nya selama beberapa bulan ini.. wajah nya pun tak teringat begitu jelas lagi di memory rycha sebab sudah cukup lama mereka tidak bertemu. Rasa penasaran nya membuat ia terus mencari tau apa yang sebenar nya terjadi dg pria tsb… kemana kah dia beberapa bulan ini… atau memang nasib sedang tidak berpihak baik pada Rycha sehingga tuk bertemu ketika pergi sekolah saja sangat sulit bahkan tak pernah??
Bukan hanya tak pernah bertemu lagi .. hubungan via telepon pun sampai sekarang tak terdengar lagi.. hubungan itu putus tiba2.. no. handphone nya pun tak lagi aktif… walau pun mereka hanya berteman dekat via telepon.. tapi kedekatan itu memang sangat berbeda.. jika di fikir dengan logika… kedekatan tu mengartikan suatu bentuk ungkapan perhatian dan perasaan yang tak bisa di ucap kan. Sehingga saat salah satu dari mereka menghilang… salah satu nya pun merasa sangat kehilangan.. contoh nya saja Rycha.. yg berusaha mencari tau pria tsb.
Siang itu cuaca yang panas membuat otak terasa tertarik dengan pelajaran hitung-hitungan yang sangat membuat pusing. Tak lama bel istirahat pun berbunyi.. semua siswa segera meninggalkan kelas. Ada yang lagsung menuju kantin dan ada yang memang sengaja bercegrama di depan kelas… Karena tak jauh-jauh  di depan kelas Rycha pun terdapat kantin selain kantin yang terdapat di belakang mushala paling pojok..
Sedang seru-serunya bercerita Rycha dan 4 orang sahabat nya itu,, tiba-tiba saat Rycha menolehkan wajah nya ke belakang tepat nya pada pagar paling pinggir SMP Rycha yang berada di sebelah kelas Rycha tsb. Ia terdiam dan menggosok kan ke dua mata nya.. seraya berteriak kecil..
“KAKAK!!!”  Seru Rycha..
Sahabat-sahabat nya itu terkejut dan menoleh kan wajah mereka masing-masing ke belakang. Kaget..
“RYCHA!!”
“Ada apa ini? Mengapa kalian malah berteriak memangil nama ku… dia itu kan seseorang yang pernah aku cerita kan pada kalian.. sharus nya kalian memangil nama nya agar dia menghampiri kita…??”
“Bukan begitu maksud kami cha.. kami tau siapa dia…wajah nya memang tak asing lagi,,, sakin kaget nya… sekarang dia muncul di hadapan kita… kenapa diam cha..? Kejar!! Hampiri dia..” ucap salah saorang sahabat Rycha.
“Oh..ya tuhan hampir saja aku lupa.. sekarang temani aku ke kantin belakang mana tau dia berada ke kantin dengan cara nya berjalan mengendap-ngendap melewati pembatas pagar SMP kita ini..” ucap Rycha Penasaran,.
Rycha hanya di temani seorang sahabat baik nya,,, selebih nya menunggu di depan kelas… dengan maksud tidak ingin membuat keributan di kantin.. bukan kah jika mereka telah berkumpul berlima suasana akan brtambah ramai.. pasti nya akan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan pada pria itu.. hitung-hitung cari aman.. Rycha hanya  di temani seorang sahabat nya.. belum jauh lagi langkah kaki Rycha menuju kantin… ia terhenti karena pria tsb menghampiri nya.. di simpang  mushala itu mereka sedikit berbicara,, tanpak jalanan di simpang mushala itu ramai dengan siswa yang menuju kantin dan ada pula yang meninggal kan kantin menuju kelas..
(tiba-tiba di simpang mushala itu)“Hy..!!!”
Rycha dan sahabat nya tersentak. Karena sapaan itu terdengar tiba-tiba.
“Kakak!!.. hampir saja kakak membuat ku jantungan.. sedang apa di sini kak?”
Pria itu menjawab
“kakak tau pasti nya Rycha akan menuju kantin karena kantin ini biasa nya memang sering di datangi anak-anak SMA dari sebelah.. bukan begitu kan?”
“oo..iya memang benar.. mengapa di sini? Bukan kah di SMA kakak juga terdapat kantin? Tapi tak apa lah.. banyak hal yang ingin Rycha  Tanya kan pada kakak..”
Pria yang bernama ROMI itu menjawab..
“Pertanyaan apa itu? “
“ 2 bulan !! ya sudah hampir 2 bulan ini Rycha tak melihat kakak bahkan tak mendengar kabar dari kakak.. apa begitu sibuk kah..??”
“Tidak,,,sebulan yang lalu kakak memang sempat meminta izin libur karena sakit.. tapi setelah itu kakak kembali hadir di sekolah.. mungkin saja karena terlalu sibuk mengurus UN nanti sehingga kakak tidak sempat datang ke SMP cha..”
Bel tanda istirahat telah berakhir pun berbunyi..
“ohh begitu.. baik lah .. seperti nya bel telah berbunyi.. jangan lupa hubungi cha sepulang sekolah nanti.. no handphone cha masih yang lama.. oke kak??? Seraya senyum nya pd Romi
“Baik lah.. ge sana masuk kelas..”

Sesampai nya Rycha di rumah.. handphone nya pun berdering..
Ia segera mengangkat nya.. ternyata telepon itu tak lain adalah dari Romi.. dari sana lah hubungan Rycha dan Romi kembali membaik.. begitu pun dengan komunikasi.. SMSan Teleponan.. dan shearching.. kedekatan itu ternyata menimbulkan satu perasaan yang tidak pernah mereka kira.. Rasa cemburu yang muncul tiba-tiba jikalau salah satu dari mereka memiliki teman dekat yang sangat special.. di sana.. awal perasaan cinta yang sebenar nya terungkap..
Tak butuh waktu lama Romi mengata kan perasaan nya pada Rycha.. baik nya lagi Rycha memberikan respon positif.. nah sejak saat itu tepat nya tangal 22 FEBRUARI 2010 Rycha dan Romi menjalin hubungan yang sangat special..  itu semua di sambut bahagia oleh sahabat-sahabat Rycha pula.. semua itu merubakan kado ultah teristimewa bagi Rycha. Karena tanggal ultah Rycha tak berapa jauh jarak nya dengan tanggal itu..
Syukurnya hubungan itu  berjalan lama memang banyak terjadi keributan-keributan  kecil.. tapi itu wajar bukan???,, dalam suatu hubungan??.. agap saja lah itu sebagai warna warni dalam suatu hubungan,. 10 bulan berlalu tepat nya pada akhir  tahun 2010 bulan Desember.. masalah yang sangat serius hadir dalah hubungan itu.. saat itu Rycha berusaha menghubungi Romi yang tak terdengar lagi kabar nya sudah 2 hari ini.. tapi apa yang ia peroleh balasan SMS nya itu di balas oleh seorang gadis. Apa yang ia kata kan,, dengan lancang nya gadis itu meminta agar Rycha menyudahi hubungan nya dengan Romi.. kaget benar-benar kaget bercampur rasa penasaran nya.. siapa kah gadis itu..??.. Tapi Rycha tak berani menanyakan banyak hal pada romi,, setiap pertanyaan,,. Romi pasti hanya menjawab bahwa itu adalah adik sepupunya yang  saat itu adalah kakak kelas Rycha di SMA baru nya.. tapi apa.. kenyataan nya berbeda. Rycha mengetahui semua nya hingga rasa sabar itu pun habis.. Romi pun semakin bertingkah.. tak habis fikir Rycha menanyakan banyak hal pada adik sepupu Romi tsb.
Sore itu handphone Rycha berdering ia segera mengangkat nya.. siapa? Ternya itu adalah ibunda Romi.
“Hallo Rycha..?”
“Ya ..tante..Ada apa ni?”
“Rycha  lagi sibuk ya? Kenapa sekarang tak pernah lagi mampir ke rumah tante?”
“ohh.. gak juga tante,, kemaren Rycha baru saja selesai ujian semester jadi konsen belajar aja.. kak Romi nya mana tante,,?”
“itu dia Rycha.. Romi makin hari makin sulit di atur makin besar, tingkah nya semakin menjadi-jadi saja. Sepulang nya kuliah langsung keluar dengan teman-temanya dan baru pulang malam nanti.. apa terjadi sesuatu dengan hubungan kalian sampai-sampai Rycha tak lgi pernah mampir ke rumah tante..?? dan Romi pun jarang berada di rumah?
“hmmm.. sebenar nya itu dia masalah nya..” jawab Rycha..
Rycha mencerita kan masalah nya itu pada ibunda  Romi yang memang sudah seperti ibu nya sendiri.. ibu Romi mengerti dan memahami apa yang harus dia lakukan . sepulang nya Romi ,, pertanyaan-pertanyaan yang amat serius membuat Romi menggerutu.. bahkan sempat ia berkata
“sudah lah itu tak penting lagi bu,,”                                                                                
“bagai mana bisa tidak penting? Jika untuk menghampiri ibu saja Rycha tak lagi mau Rom..sudah lah jika kamu hanya ingin membuat seseorang ribut sebaik nya jangan.. lebih baik dengar itu” jawab sang ibu..
Dari sana  semua jawaban terungkap.. kartu dan memory handphone yang selama ini selalu di katakan Romi pada adik sepupu nya itu.. ternyata.. semua berada di tangan seorang gadis yang bernama Resti.. jika untuk jujur alamat dan sekolah gadis itu saja Romi tak bisa bagai mana kelanjutan nya.. jika saat Resti menelepon Romi.. dgn polos nya Romi mengatakan pada Rycha
“itu telpon dari pacar teman kakak,, kalau Rycha mau angkat lah telepon nya”
Ya ampunn.. benar-benar licik laki-laki yang bernama Romi itu wajah pasrah seperti orang tak berdosa seperti orang lugu ternyata mampu membohongi Rycha 4 bulan belakangan ini.. betapa tidak hubungan Romi dan Resti telah berjalan 4 bulan.. tak habis fikir slah apa Rycha? Kurang sabar apa ia..? Akhir nya Romi menyudahi hubungan nya dengan Resti.. tak lama selang 2 minggu. Rycha seperti nya harus mengambil 1 keputusan yang bijak walau pun hubungan itu sudah berjalan 1 tahun seperti nya jika memang untuk jujur saja sulit saat itu bagai mana untuk seterus nya.. lebih baik hubungan itu cukup sekedar adik kakak seperti awal..walau berat tapi harus jika tak mau di sakiti lagi.. kata-kata itu terlontar dari Rycha dengan sambungan air mata.
Kadang ada rasa menyesal yang menghantui Rycha,.. di lain sisi dia memang sangat menyayangi Romi hubungan yang selalu dia jaga berharap bisa bertahan hingga 22 Februari nanti.. tp seperti nya memang begini akhir nya,,.  Penyesalan terbesar  nya
“mengapa rasa itu dulu ada antara Romi dan Rycha??”
Selesai nya semua itu,  kusut banget rasa kehilangan itu terus hadir,
“ya tuhan apa ini.. kesabaran ku tak berbuah manis. Apa jawaban dari kesabarann ku ini telah berakhir dengan pasti nya.. andai saja dia bisa berubah pasti nya akan banyak kesempatan yg aku beri kan. Tapi jika dari dia sendiri tak tampak ada pembelaan.. betapa bodoh nya aku yang terlalu mencintai nya berlebihan seperti ini yang membuat aku hampir saja gila.. aku yakin pasti ada yang lebih baik dari ini untuk ku..”
Hanya itu.. hanya kata-kata itu yang sering Rycha lontar kan saat penyesalan nya menyudahi semua itu tiba-tiba datang..
Saat itu Rycha hanya dapat menceritakan apa yang dia rasa kan pada seseorang yang ia anggap sebagai kakak nya. nama nya Agung, ia satu-satu nya orang yang mampu memberi sedikit ketenangan bagi Rycha walau  tak banyak. tapi sayang nya mereka hanya sebatas kakak dan adik..
Sampai pada suatu hari libur semester mahasiswa pun baru saja di mulai. Agung yang menyandang kuliah di unuversitas negeri Jambi ini.. berminat untuk liburan di tempat tinggal nya.. ia yang 1 daerah dengan Rycha membuat pertemuan yang tanpa di sengaja itu sering terjadi..
Tapi ada yang beda saat musim liburan itu selesai.. saat agung hendak meninggal kan Rycha.. di sana Rycha merasa kehilangan seseorang yang memberi kedamaian dalam hati nya. Seseorang yang mampu membuat nya sedikit demi sedikit belajar melupakn Romi.. seperti nya rasa sayang itu telah berubah bukan lagi rasa sayang sebagai adik dan kakak yg terliat melainkan rasa sayang sebagai sepasang kekasih..
Respon baik tepat di tanggal yang sama 22 FEBRUARI 2011 jam 02.22 pm. hari Selasa tepat  nya hari kedua dalam hitungan minggu,. Lagi-lagi tangal yang sangat berarti.. di tanggal itu Rycha dan Agung menjalin hubungan,. Ternyata ini semua lebih baik dari sebelum nya.., walau pun Rycha masih belajar tuk melupakan Romi,, tapi 1 hal yang selalu Rycha katakan pada Agung,,
“kakak bukan lah pelarian ku.. tapi adalah ketulusan ku”
Mampu tersenyum itu saja yang di harap nya… karena memang tawa itu tampak tak lagi hadir.. tapi sejak hari itu semua berubah. itu lah Rycha.. yg sekarang gadis yang sangat mensyukuri apa yang ia miliki saat ini,, semua merupakan jawaban dari kesabaran nya selama ini..  itu memang selayak nya..
..Percaya lah pada tuhan kesabaran pasti akan berbuah manis.. tuhan mengingin kan kita bertemu dengan orang yang salah terlebih dahulu sebelum kita bertemu dengan orang yang benar.. bersyukur  lah dengan kurnia nya..                                 *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar